"'Siap-Siap" Lomba Inovasi Pelayanan Daerah Tingkat OPD di KSB

Bappeda dan Litbang Kabupaten Sumbawa Barat akan menggelar lomba inovasi pelayanan daerah tingkat kabupaten tahun 2021. Pesertanya khusus Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat.

Lomba inovasi pelayanan daerah digelar, sebagai upaya Pemerintah Daerah dalam menigkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Perangkat daerah adalah pelayan masyarakat, sehingga lomba inovasi digelar untuk memacu OPD agar meningkatkan pelayanan. Implementasinya itu dalam bentuk inovasi inovasi,” jelas Kepala Bappeda dan Litbang KSB, melalui Kabid Litbang Ikramawansyah, ST.,MT, belum lama ini.

Adapun bentuk inovasi pelayanan daerah yang dilombakan, kata Ikramawansyah, terdiri dari inovasi pelayanan public, inovasi tata kelola pemerintahan dan inovasi daerah lainnya sesuai bidang urusan pemerintahan sesuai kewenangannya.

“Karena kegiatan ini baru pertama kali kita gelar, maka yang ditekankan dalam lomba lebih kepada iniasiasi atau konsepnya. Konsep itu yang akan kita uji secara ilmiah. Nah, di tahun depan baru kita bicara implementasinya,” jelasnya.

Kegiatan lomba inovasi juga, sebagai upaya mempertahankan KSB sebagai daerah yang sangat inovatif bersama Pemprov NTB dan Pemkot Mataram. Walaupun dari segi peringkat, KSB masih harus terus bersaing.

“Jadi nanti kita akan menginput inovasi inovasi tersebut di aplikasi Innovation Government Award (IGA),” ucapnya.

Seperti diketahui, teknis perlombaan akan disosialisasikan pada awal November 2021. Selanjutnya pendaftaran peserta akan dibuka mulai tanggal 1 hingga 10 November 2021. Sementara untuk presentasi proposal inovasi dilakukan sejak tanggal 29 hingga 3 Desember. Jadi ada waktu kurang lebih satu bulan untuk mempersiapkan konsepnya.

“Untuk pengumuman dilakukan tanggal 6 Desember 2021 dan pembagian hadiah tanggal 20 Desember 2021. Sementara hadiah lomba, kita siapkan juataan rupiah beserta piagam dan trophy,” tandasnya.