Rapat Rutin "Peran Dewan Riset Daerah dalam mendukung pembangunan daerah"

Dewan Riset Daerah (DPD) sangat penting keberadaanya. DRD memiliki peran strategis untuk memberikan bahan-bahan pertimbangan dalam menentukan arah dan kebijakan pembangunan suatu daerah. Apalagi, dalam melaksanakan tugasnya, DRD memiliki landasan hukum jelas. Yakni undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2002 Tentang sistem nasional penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Diakui ataupun tidak, selama ini peran akademisi dalam rangka mendukung pembangunan daerah, belum dioptimalkan dengan baik. Hasil penelitian yang dilakukan oleh kalangan akademisi, sama sekali belum mendapat ruang khusus dari daerah. Padahal seharunya, pemerintah daerah meng-akomodir hasil penelitian para akademisi, yang penelitianya berkenaan dengan daerah dimaksud. Akibatnya, hasil penelitian akademisi, hanya selesai pada luaran yang diterbitkan di journal, ataupun dimamfaatkan oleh pengusaha, untuk dijadikan referensi pengembangan usahanya. “jelas Sekretaris Bappeda Litbang KSB Mars Anugerainsyah, S.Hut.,M.Si selaku wakil ketua Dewan Riset Daerah Kabupaten Sumbawa Barat”.

Hal tersebut ditegaskan kembali oleh “Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Ikramawansyah, ST.,MT selaku Sekretaris Dewan Riset Daerah Kabupaten Sumbawa Barat bahwa sinergi dan koordinasi antara pemerintah daerah, dengan kalangan akademisi perlu dilakukan. Khususnya dalam hal menyusun rencana pembangunan daerah berkemajuan dan menciptakan inovasi, yang diharapkan masyarakat, dalam segala sektor. Meliputi, sektor ekonomi dan keuangan, sektor lingkungan hidup, sektor tata ruang dan mitigasi penanggulangan bencana daerah, sektor energi dan sumber daya mineral. sektor budaya dan kesatuan bangsa. Sektor hukum, politik dan pemerintah. Sektor pendidikan, kesehatan dan kependudukan. Sektor pertanian, perikanan dan kehutanan. Sektor transportasi dan infrastruktur serta sektor industri dan perdagangan. Dari sektor tersebut, nantinya Dewan Riset Daerah (DRD) akan memilah, sektor strategis yang perlu didahulukan, dan sesuai dengan visi dan misi pembangunan yang ingin dicapai oleh kepala daerah. Dewan Riset Daerah (DRD) memiliki mamfaat besar, dalam menentukan arah pembangunan suatu daerah. Salah satunya,  sinergi antara birokrasi dan akademisi serta masyarakat, dalam menentukan arah pembangunan melalui hasil kajian bersama, transfer pengetahuan, dan kolaborasi kemampuan dari latar belakang keilmuan dan pengetahuan yang berbeda. “terang ikram sapaan akrabnya.