Bersama Perwakilan CSIRO AUSTRALIA dalam rangka membangun kemitraan

CSIRO telah bekerja di Indonesia selama lebih dari 40 tahun, terutama di bidang pertanian, pangan, biosekuriti, dan kegiatan perikanan bekerja sama dengan sejumlah besar mitra Indonesia, Australia, dan Internasional. CSIRO bekerja sama dengan Lembaga Indonesia dalam lebih dari 20 publikasi setiap tahun, dan memiliki lima Nota Kesepahaman (MoU) saat ini dengan lembaga penelitian Indonesia.

Program Penelitian dan Sistem Inovasi Terapan dalam Pertanian (ARISA) merupakan bagian dari program AIP-Pedesaan Pemerintah Australia, yang mempromosikan pembangunan ekonomi, pengurangan kemiskinan dan peningkatan ketahanan pangan di Indonesia dengan merangsang produktivitas dan meningkatkan akses petani ke pasar. Ini berfokus pada mendorong kolaborasi antara peneliti dan agribisnis dari semua ukuran untuk mengadaptasi inovasi yang ada untuk kondisi lokal mereka.

Program CSIRO dan bentuk kerjasama CSIRO terfokus kepada komesilisasi dan penerapatan teknologi. Hal ini yang mendorong peneliti yang ada diindonesia untuk berkompetisi dalam menghasilkan karya ataupun tekonologi yang nantinya akan bisa bermitra dengan CSIRO. Konsentrasi kemitraan yang dibangun oleh CSIRO dengan peneliti yang ada di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat khusus Dewan Riset Daerah (DRD) adalah lebih kepada bidang energy, bidang industri, bidang kesehatan dan bidang pertanian.

Dewan Riset Daerah Kabupaten Sumbawa Barat selama ini telah melakukan lomba penelitian khususnya di penelitian umum telah menghasilkan beberapa produk – produk dibidang teknologi pertanian. Ini sekaligus menjadi semangat dan pintu masuk bagi Dewan Riset Daerah Kabupaten Sumbawa Barat untuk dapat membangun kerjasama dengan CSIRO AUSTRALIA yang nantinya akan menghasilkan nilai jual demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.