Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat Gelar Forum Konsultasi Publik Tahun 2020

Taliwang, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Sumbawa Barat mengadakan Forum Konsultasi Publik. Bertempat di Ruang Sidang II Sekretariat Daerah, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumbawa Barat. Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, S.T, dalam kesempatan tersebut menekankan kembali Tema Pembangunan Daerah Kabupaten Sumbawa Barat untuk tahun terakhir periode RPJMD 2016-2021 yakni “Memperkuat kemandirian ekonomi daerah menuju Kabupaten Sumbawa Barat sejahtera”. Terdapat 3 (tiga) Program Prioritas yang menjadi fokus pembangunan tahun 2021. Pertama, Pembangunan sumber daya manusia dan pengentasan kemiskinan menuju Sumbawa Barat Sejahtera. Kedua, Tata kelola penyelenggaraan pemerintahan daerah yang akuntabel, efektif dan efisien dalam mendukung peningkatan kinerja seluruh dimensi pembangunan daerah. Ketiga, Pembangunan ekonomi kawasan untuk mendukung Pemerataan pembangunan wilayah.

Dalam forum yang dihadiri oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Sumbawa Barat, Instansi Vertikal, Universitas Cordova Indonesia, Pimpinan Perbankan, Agen PDPGR Kecamatan, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama serta Insan Pers, Wakil Bupati Sumbawa Barat menyampaikan bahwa posisi Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Sumbawa Barat pada tahun 2019 adalah 71,52. Skor IPM Kabupaten Sumbawa Barat adalah yang tertinggi dibandingkan dengan Kabupaten lainnya di Nusa Tenggara Barat atau urutan ke-3 setelah Kota Mataram dan Kota Bima, dalam hal ini Kita harus terus mempunyai strategi-strategi, bagaimana untuk terus meningkatkan sumber daya manusia. Pembangunan Sumber Daya Manusia merupakan kunci untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Terlebih lagi dengan ditetapkannya Maluk sebagai kawasan industri smelter nasional, maka Kabupaten Sumbawa Barat harus menyiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan skill yang dibutuhkan.

Melalui forum konsultasi publik yang merupakan rangkaian dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021, diharapkan seluruh stakeholders membangun koordinasi dan sinergi untuk mewujudkan kemandirian daerah menuju Kabupaten Sumbawa Barat sejahtera. Dalam kesempatan ini, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Sumbawa Barat menegaskan bahwa kegiatan ini bukan sekedar penggugur kewajiban, melainkan merupakan bagian dari upaya dan strategi untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan daerah, yakni Kabupaten Sumbawa Barat yang sejahtera.